PSTD ( Pencak Silat Tenaga Dasar )

Koordinator Ekstrakulikuler : Gian Hargiana S.Pd

Pelatih : Rina Rahmawati,A.Md

 

Latar Belakang

Perguruan Pencak Silat Tenaga Dasar Indonesia, disingkat pergiruan PSTD  Indonesia adalah merupakan salah satu dari pencak silat bela diri, yang memperkuat ilmu dan teknik bela dirinya dengan apa yang disebut “Tenaga Dasar” yakni kemampuan mendasar manusia yang dapat di kembangkan untuk membangkitkan kemampuan lainnya dan memberi manfaat untuk membina kesehatan, kekuatan,ketangkasan, dan ketahanan fisik.
Sejarah perguruan PSTD Indonesia dimulai pada tahun 1972, ketika seorang warga Negara Indonesia bernama Jimmy Thaibsyah mempelajari salah satu ilmu bela diri yang dinamakan Kateda dari seorang asal indonesia bernama Leonel Henry Nasution. Kata kateda berarti “Pusat Kekuatan Tingkat Tertinggi”.

Tujuan Kegiatan

Dengan didirikannya ranting PSTD Indonesia di SMA Plus Merdeka Soreang, diharapkan siswa-siswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler PSTD Indonesia dapat menyerap ilmu-ilmu PSTD Indonesia secara terarah dibawah bimbingan dan arahan pelatih PSTD Indonesia. Dengan demikian diharapkan para anggota dapat menyerap ilmu-ilmu PSTD-Indonesia dengan benar dan maksimal sehingga paraanggota bisamemberikan prestasi untuk dirinya sendiri maupun untuk sekolah, dan diharapkan juga dapat menjaga dirinya sendiri melalui ilmu bela diri, dan punya kekuatan yang lebih dari pada umumnya melalui latihan pernapasan, dan yang penting dengan latihan PSTD-Indonesia diharapkan bisa hidup sehat, dan juga bisa berprestasi di Pencak Silat.

Waktu dan Tempat Latihan

  • Setiap hari Rabu, jam 15.30 WIB [ba’da Asar].
  • Tempat latihannya adalah di lingkungan SMA Plus Merdeka Soreang, baik itu di ruangan maupun di lapangan.