Program Pembinaan Imtaq

Program pembinaan imtaq adalah merupakan salah satu upaya sekolah untuk mewujudkan salah satu misi SMA Plus Merdeka Soreang yaitu : meningkatkan keimanan untuk mencapai pribadi yang taqwa.

Adapun program pembinaan imtaq ini kegiatannya adalah berupa pembelajaran tahsin tilawah dengan menggunakan metode Muri-Q ( Murattal Irama Qur’an ) yang dilaksanakan setiap hari senin sampai dengan kamis mulai pukul 12.25 – 13.10 WIB.

Pada awal tahun pembelajaran siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuannya dalam membaca Al Qur’an. Kelompok tersebut terdiri dari :

  1. Kelompok Mahir, yaitu kelompok siswa yang baru mengenal huruf hijaiyah.
  2. Kelompok Pratahsin, yaitu kelompok siswa yang sudah bisa membaca Al Qur’an tetapi belum lancar.
  3. Kelompok Qolqolah, yaitu kelompok siswa yang sudah lancar membaca Al Qur’an tapi masih belum menguasai tajwidz dengan baik.
  4. Kelompok Harokat, yaitu kelompok siswa yang sudah lancar membaca Al Qur’an dan sudah menguasai tajwidz. Di kelompok ini siswa mulai belajar Makhroj.
  5. Kelompok Tahfidz, yaitu kelompok siswa yang sudah lancar membaca Al Qur’an dengan tajwidz dan makhraj yang tepat. Di kelompok ini siswa mulai menghapal Al Qur’an.

Selain belajar membaca dan menghapal Al Qur’an, siswa juga dibiasakan untuk melaksanakan sholat Zuhur berjamaah sebelum memulai pelajaran tahsin.

Program pembinaan imtaq ini dilaksanakan di bawah bimbingan ustadz Turmudzi, S.Pd.I M.Pd.