Sistem PPDB Tahun Ajaran 2020

Sekolah swasta seperti kami harus terus menjaga kualitas pelayanan pendidikan dari tahun ke tahun agar kepercayaan masyarakat pada keadaan apapun tetap tinggi. Berkaitan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Kami pun harus dinamis dan mempersiapkan diri dengan berbagai strategi yang sehat sehingga dari tahun ke tahun tetap memiliki pendaftar sesuai target. Khusus tahun ini kami pun harus siap dengan aturan baru  yang telah dibuat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, dalam masa pandemi virus Corona.

Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang diteken pada Selasa, 24 Maret 2020.

Berikut aturan terkait PPDB Sekolah Negeri di masa darurat Corona:

a. Dinas Pendidikan dan sekolah diminta menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua secara fisik di sekolah;

b. PPDB pada Jalur Prestasi dilaksanakan berdasarkan:

1) akumulasi nilai rapor ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir; dan/ atau

2) prestasi akademik dan non-akademik di luar rapor sekolah;

c. Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan bantuan teknis bagi daerah yang memerlukan mekanisme PPDB daring.