Agen Perubahan Bangsa

Remaja sekarang adalah gambaran masa depan bangsa, perannya sebagai kekuatan yang mampu mendobrak kemajuan masyarakat yang akan datang.

Kita bisa melihat yang terjadi di Indonesia, di tangan para remaja perubahan yang menumbangkan rezim ditaktor, menjadi orde baru  hingga saat ini menjadi  era reformasi. Terlepas apa yang mendasari mereka semua, namun kita mengakui bahwa remaja adalah agen perubahan.

Sejarah remaja saat ini sangat jauh berbeda dengan keadaan remaja di masa Rosulullah SAW. Islam yang dulu pernah berjaya lebih dari 13 abad melahirkan generasi generasi muda yang cemerlang dan memiliki jiwa pejuang seperti :

1. Usamah bin Zaid, saat berusia 18 tahun menjadi pemimpin pasukan yang anggota nya adalah para pembesar sahabat seperti Abu Bakar dan Umar untuk menghadapi pasukan terbesar dan terkuat di masa itu.

2. Sa’ad bi Abi Waqqos,  berusia 17 tahun  yang pertama kali melontarkan anak panah di jalan Allah, termasuk 6 orang ahli syuro.

3. Al Arqom bin Abil Arqom, saat berusia 16 tahun menjadikan rumahnya sebagai markas dakwah Rasulullah SAW selama 13 tahun berturut turut.